Jumat, 06 Februari 2015

Danau Siombak, Medan

Di kota Medan ada Danau? 

Sudah memasuki bulan ke 6 saya sudah berdomisili di kota Medan. Selama di Medan, tempat-tempat yang saya kunjungi untuk refresing ya hanya Mall/Plaza, Gramedia, dan taman-taman kota. Berhubung naluri travelling sudah mulai memuncak, saya iseng-iseng googling tempat-tempat wisata alam di kota Medan. Dan saya terkejut, ternyata ada Danau di Kota Medan.


Berbekal hasil googling di http://www.medanwisata.com/2014/05/danau-siombak-tempat-wisata-di-medan.html, dengan rasa penasaran saya pergi ke danau ini. Danau ini terletak di Jalan Pasar Nipon, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, sekitar 17 km dari pusat kota Medan. Danau Siombak bukanlah danau yang terbentuk secara alami, melainkan buatan. Kawasan ini sebelumnya berupa rawa-rawa. Sekitar tahun 1980an, tanah di rawa-rawa ini dikeruk untuk digunakan sebagai penimbun pembuatan jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera). Bekas pengerukan tanah tersebut akhirnya menjadi danau, dengan luas kurang lebih 40 hektar. 





Banyak warga sekitar yang datang ke Danau Siombak ini untuk memancing, Anda juga dapat memancing sepuasnya di sini, bahkan ikan pancingan anda dapat langsung disantap dengan dibakar atau digoreng. Fasilitas yang ada di Danau Siombak ini antara lain ada Pondok-pondok untuk bersantai yang disewakan untuk para pengunjung. Lokasi ini juga cocok untuk wisata keluarga dimana di sekitar area danau menyediakan fasilitas bermain bagi anak-anak, seperti kolam mini, madi bola, Permainan Outbound, komedi putar anak, Juga tersedia Permainan wahana air seperti Speed Boat,sepeda air, perahu dayung dan lain-lain.
 




Namun sayang, sepertinya semua fasilitas yang ada kurang di rawat. Ketika kami datang, tidak ada penjaganya. Pondok-pondok yang ada sedikit berdebu, dan semua peralatan permainan anak sepertinya banyak yang tidak berfungsi. Ketika melihat ke danau juga terlihat banyak sekali sampah-sampah. Mungkin karena area ini di kelola secara pribadi sehingga tidak mendapat dukungan pemda dalam hal dana dan promosinya.

Jadi, Silahkan berkunjung ke danau ini bagi anda yang penasaran untuk melihat nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar